Selasa, 12 Juni 2018

9. CARA MENDAPATKAN UANG LEWAT INTERNET

Berikut Pilihan Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Jual Barang

Apakah Anda bisa menyediakan barang yang dibutuhkan banyak orang?

Kenapa tidak mencoba menjualnya melalui internet. Anda hanya perlu menampilkan gambar dilengkapi informasi lengkap mengenai barang yang dijual.

Maka komisi yang akan Anda dapat adalah harga setelah diskon dikali 70%,

Supaya tidak perlu repot keluar rumah untuk melakukan pengiriman barang, Anda dapat mencari supplier yang menawarkan program reseller yang langsung dikirim ke pelanggan. Untuk mencarinya sangatlah mudah, Anda dapat mencarinya di Google dengan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan reseller, misalnya reseller baju.

Bagaimana Cara Menjualnya?

Jika barang yang akan dijual sudah tersedia, kini saatnya mulai melakukan penjualan.

Untuk menjualnya, saat ini sudah banyak berbagai media jual beli online yang dapat Anda gunakan secara gratis. Mulai dari marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, sampai sosial media seperti Facebook atau Instagram.

Jadikan Bisnis Anda Terpercaya

Untuk menambah tingkat kepercayaan calon pembeli, pastikan Anda memiliki sebuah website untuk menampilkan barang beserta kontak Anda.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Website?

Pasti itu adalah pertanyaan yang muncul dipikiran Anda yang sama sekali belum memahami website dan fungsinya.

Kami sudah menyediakan tutorial mengenai langkah-langkah membuat website untuk pemula.

2. Ikuti Program Afiliasi

Bagi Anda yang masih asing mendengar kata afiliasi atau affiliate, untuk gambaran mudahnya bisa membayangkan cara kerja seorang makelar.

Misalnya makelar rumah, mereka akan menyebarkan informasi mengenai rumah yang akan dijual.

Jika rumah tersebut terjual melalui tangannya, maka dia akan mendapatkan keuntungan berupa uang sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara makelar dan pemilik rumah.

Jumlah keuntungannya tergantung dari kesepakatan, dapat berupa sekian persen dari harga rumah atau harga jual dikurangi harga yang diinginkan pemilik rumah.

Untuk bisnis afiliasi prosedurnya tidak jauh berbeda, Anda hanya perlu menawarkan produk afiliasi kemudian jika terjual Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan.

Produk disini bervariasi, tergantung dari perusahaan yang Anda ikuti.

Sebagai contoh, untuk Niagahoster memiliki produk berupa layanan hosting (silakan baca artikel mengenai pengertian hosting, jika Anda ingin tahu apa itu hosting). Anda hanya perlu membagikan link refferal atau kode promo dari afiliasi Anda, kemudian Anda akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian hosting Indonesia baru melalui link refferal Anda.

Berapa Pembagian Komisi yang Saya Dapat?

Saat ini untuk komisi yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 70% dari harga total yang dibayar oleh pembeli.

Contohnya jika ada yang membeli hosting melalui link refferal Anda untuk paket hosting personal durasi satu tahun, jika harga normal adalah sebesar Rp. 1.251.000 dengan diskon 35%, berarti total biaya hostingnya adalah Rp. 813.600.

Maka komisi yang akan Anda dapat adalah harga setelah diskon dikali 70%, Rp. 813.600 x 70% = Rp. 569.520.

Ini baru dari satu pembeli, bagaimana jika dalam sebulan ada 10 atau 20 pembeli?

3. Buat eBook

membuat ebook

Mungkin Anda memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk coba membuat eBook. Pastikan eBook yang Anda buat memiliki susunan kata yang mudah dipahami, sehingga apa yang ingin Anda sampaikan dapat dipahami oleh pembaca.

Sebagai contoh, jika eBook Anda mengenai tutorial, pastikan langkah-langkahnya jelas dengan disertai screenshoot atau gambar.

Untuk contoh eBook, silakan Anda cek melalui tautan berikut.

Apa Keuntungan Membuat eBook?

Seperti judul pada artikel ini, tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai apa keuntungan membuat eBook. Sebagian orang yang mencoba peruntungan di dunia internet marketing tentu pernah membuat eBook, berikut adalah keuntungannya:

1. Mendapatkan Subscriber

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet, pastikan memiliki subscriber yang loyal. Tidak jauh berbeda ketika Anda berjualan, tentu harus memiliki pelanggan setia supaya dagangan Anda laku terjual.

Untuk mendapatkan subscriber yang loyal, cara terbaik adalah dengan mendapatkan alamat email mereka dengan cara mewajibkan subscribe sebelum eBook akan di download secara gratis.

Perlu contoh alurnya seperti apa?

Coba Anda download eBook gratis dari Niagahoster melalui tautan berikut.

Anda bisa meniru alur tersebut. 🙂

Untuk cara membuatnya sangatlah mudah jika website Anda menggunakan WordPress, Anda hanya perlu melakukan instalasi plugin berikutdan sedikit pengaturan.

Silakan ikuti tutorial cara membuat website, jika Anda belum memiliki website.

2. Mendapatkan Penghasilan

Kebanyakan blogger untuk mendapatkan penghasilan lebih fokus pada konten blog yang mereka buat, padahal eBook dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan konversi.

Ada dua hal yang bisa Anda manfaatkan, pertama Anda akan mendapatkan alamat email mereka untuk dikirimkan email penawaran mengenai produk yang Anda jual. Kemudian yang kedua, Anda bisa menyisipkan link afiliasi.

Penting!!!

Untuk link afiliasi, pastikan produknya sesuai dengan jenis eBook Anda. Misalnya, jika eBook Anda membahas tips mengenai pariwisata, afiliasi yang paling mendekati adalah tiket hotel atau perjalanan.

[/ecko_alert]

Penting!!!

3. Meningkatkan Jumlah Pembaca

File PDF sangat mudah dibagikan dan diakses kapan saja tanpa harus memerlukan koneksi internet. Sehingga, potensi jumlah pembaca tulisan Anda akan meningkat. Pastikan isi eBook Anda memiliki manfaat yang dapat menyelesaikan permasalahan banyak orang.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuat eBook?

Membuat eBook adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling mungkin untuk dikerjakan, karena dengan adanya alat dan bahan yang mudah didapat (khusus bagi Anda yang memiliki perangkat komputer atau laptop).l

4.Jual Domain

jual domain

Di era modern seperti saat ini, banyak peluang investasi yang tersedia, tidak hanya investasi emas atau properti. Ternyata domain bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang. Anda dapat membeli nama-nama domain yang memiliki nama yang menjual.

Untuk membeli domain murah dapat melalui layanan penyedia domain seperti Niagahoster.

Setelah itu Anda dapat memasangnya di layanan jual beli domain seperti Sedo.com. Untuk cara menjualnya, silakan ikuti artikel mengenai cara menjual domain di Sedo.com.

Selain Anda menjual domain di Sedo.com, Anda juga bisa menjualnya di layanan lelang seperti Flippa.com, mau tahu daftar harga domain yang terjual? Silakan cek melalui tautan berikut.

 5. Jual Website atau Blog

jual website atau blog

Menjual website yang kami maksud adalah sebuah website yang sudah memiliki pengunjung beserta jumlah penghasilan yang didapat setiap bulannya.

Untuk prosesnya tidak dapat dicapai dalam waktu cepat seperti membuka jasa pembuatan website, karena yang Anda jual adalah website yang memiliki pengunjung dan jika memungkinkan yang memiliki penghasilan.

Tapi untuk harga jual yang bisa Anda dapat bisa beberapa kali lipat dari jumlah pendapatan bersih yang dihasilkan website tersebut setiap bulannya.

Pendapatan bersih yang dimaksud adalah setelah dipotong biaya operasional seperti biaya hosting dan lain-lain.

Sebagai contoh untuk sebuah website yang berhasil dijual di Flippa, untuk penghasilan bersih setiap bulannya adalah $140 atau sekitar RP. 1.862.000 (jika $1 USD =Rp. 13.300), berhasil terjual seharga $11.740 USD atau sebesar Rp. 156.142.000.

menjual website

Sumber: Flippa.com

Bagaimana Cara Menjual Website?

  • Temukan Ide

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentunya adalah membuat website dengan tema konten yang sudah Anda riset sebelumnya.

Jika masih ingat cara riset target pasar untuk membuat eBook, Anda bisa menggunakan cara tersebut untuk menentukan jenis konten yang akan dibuat nantinya.

Atau Anda bisa mencari ide melalui Google Trends atau melalui situs jual beli website seperti Flippa.

  • Buat website

Setelah ide sudah Anda dapat, langkah selanjutnya segera buat website, silakan ikuti tutorial cara membuat website jika Anda ingin mengetahui cara yang cepat membuat website dengan performa yang maksimal. Kemudian isi website dengan konten-konten berkualitas.

Catatan: Supaya harga website atau blog yang Anda jual memiliki harga yang tinggi, pastikan kontennya berbahasa Inggris.
  • Memonetisasi (Optional)

Jika website Anda sudah memiliki pengunjung organik (pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti Google), segera monetize atau cari sumber penghasilan untuk website Anda. Ada berbagai jenis sumber penghasilan yang bisa Anda gunakan, seperti program iklan CPC seperti Adsense atau program afiliasi seperti Amazon.

  • Jual website

Tahapan selanjutnya adalah menjual website, supaya harga jualnya tinggi kami menyarankan Anda untuk melakukan monetize website terlebih dahulu. Untuk menjualnya Anda bisa melalui situs jual beli bisnis online seperti Flippa.

Jenis Website yang Bisa Dijual

Untuk website yang bisa Anda jual tidak hanya sebatas website yang berisi konten, tapi berbagai jenis website bisa Anda jual, seperti website layanan, eCommerce, dll.

6. Buat Konten Video YouTube

buat konten Youtube

Meskipun YouTube telah mengubah kebijakannya mengenai persyaratan Program Partner YouTube pada tanggal 16 Januari 2018, tapi hal tersebut bertujuan untuk memastikan pendapatan pembuat konten YouTube tetap stabil.

Ini adalah kesempatan untuk Anda yang ingin mencoba cara mendapat uang dari Google selain membuat blog. Anda hanya perlu membuat konten video yang menarik, kemudian menguploadnya di YouTube.

Ini termasuk salah satu bisnis online tanpa modal besar. Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan besar, meskipun hanya bermodal kamera smartphone dan koneksi internet.

Semakin banyak yang tertarik dengan video Anda, kesempatan mendapatkan penghasilan akan semakin besar.

Anda akan mendapatkan penghasilan dari dua pilihan, yang pertama menghasilkan uang dari tayangan iklan yang ditampilkan di video dan yang kedua didapat dari subscriber YouTube Red.

Cara Memulainya

Jika Anda sudah memiliki akun Google, silakan langsung login ke YouTube, jika belum silakan daftar terlebih dahulu melalui tautan berikut.

  • Setelah Anda login di akun YouTube, silakan klik ikon akun Anda yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Creator Studio.
  • Kemudian pada bagian menu yang ada di sebelah kiri silakan pilih menu Channel > Status dan fitur.
  • Silakan klik Aktifkan pada bagian Monetisasi, kemudian ikuti petunjuk yang tampil.

Supaya Anda bisa menerima pembayaran, dibutuhkan akun Adsense. Silakan buat akun Adsense atau Anda dapat menghubungkan akun Adsense ke channel Anda jika sudah memiliki akun AdSense. Untuk membuatnya silakan buka tautan berikut.

Untuk langkah lebih lanjut silakan ikuti petunjuk melalui tautan ini.

7. Buat Aplikasi Mobile

buat aplikasi mobile

Jika Anda suka bermain game, tentu tahu game Flappy Bird yang sempat viral dengan pendapatan dari iklan mencapai $50.000 dalam sehari.

Anda juga memiliki kesempatan yang sama, hanya dibutuhkan kemampuan membuat aplikasi mobile seperti Android kemudian menguploadnya melalui Play Store.

Lalu bagaimana jika tidak bisa membuat aplikasi mobile, Anda bisa membayar developer Android untuk membuat aplikasi sesuai yang diinginkan.

Jika Anda ingin belajar membuat aplikasi Android, dapat melalui situs Android developer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar